Sabtu, 24 September 2016

MAKNA DARI KALIMAT ADIL KA TALINO BACURAMIN KA SARUGA BASENGAT KA JUBATA

ADIL KA TALINO BACURAMIN KA SARUGA BASENGAT KA JUBATA
(ARUS...ARUS...ARUS)

Salam itu mengawali sambutan dari tokoh masyarakat maupun tokoh pemerintah dalam acara adat maupun acara-acara lainnya (khususnya Dayak Kanayatn). Jika seseorang yang akan memulai acara menyebut kalimat dengan lantang "Adil Ka Talino Bacuramin Ka Saruga Basengat Ka Jubata" maka dibalas dengan gemuruh "Arus...Arus...Arus".
 Salam itu menjadi filosofi bagi masyarakat adat dayak kanayatn untuk mewujudkan hidup yang aman, damai dan sejahtera bersama masyarakat lainnya.

ADIL KA TALINO:
Arti kata "Adil" dalam bahasa Indonesia berarti "adil, sama banyak dan tidak memihak" dan kata "Ka" berarti "ke, pada atau terhadap" sedangkan kata "Talino" berarti "manusia". Jadi "adil ka talino" dapat diartikan "adil terhadap sesama manusia" itu menjelaskan bahwa suku dayak kanayatn menjunjung tinggi sikap keadilan.
BACURAMIN KA SARUGA:
Arti kata "Bacuramin" berarti "gambaran, pandangan atau pedoman" dan kata "Saruga" artinya "Surga"jika diartikan maka kalimat tersebut mempunyai arti "Berpedoman pada Surga", menunjukkan bahwa suku Dayak Kanayatn takut akan Surga atau Tuhan. Mereka bertindak sesuai gambaran orang-orang disurga atau selalu mengandalkan Sang Pencipta atau Tuhan dalam melakukan tindakan.
BASENGAT KA JUBATA:
Arti kata "Basengat" berarti "Bernapas" dan kata "Jubata" artinya "Tuhan", kalimat tersebut mempunyai arti "Bernapas pada Tuhan". Maksudnya yang memberi napas kehidupan itu adalah Tuhan. Ini menyatakan bahwa suku Dayak Kanayatn percaya Tuhan lah yang menentukan hidup dan matinya seseorang.

Jika diartikan dalam keseluruhan kalimat "Adil Ka Talino Bacuramin Ka Saruga Basengat Ka Jubata" berarti sebagai manusia kita harus bersikap adil terhadap sesama, menjunjung tinggi kesolidaritasan menjaga kedamaian dan kekeluargaan, tidak takut mati dalam kebenaran karena hidup dan mati berada ditangan Tuhan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar